120 Anak Panti/LKSA Akan Berkampanye Hak Pengasuhan Anak di Bandung

Kementerian Sosial RI giat mensosialisasikan Permensos 30/HUK/2011 tentang Standard Nasional Pengasuhan Anak (SNPA). Tahapan sosialisasi ini sudah dilaksanakan ditingkat Propinsi/Kabupaten sampai ke lembaga pengasuhan anak. Tahun ini SNPA juga akan diperkuat dengan RPP Pengasuhan yang rencananya segera di syahkan. Sehingga penempatan anak mulai dari kandungan sampai peralihan anak baik ke keluarga maupun keluarga pengganti dan lembaga dijamin Negara.

Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerjasama dengan Dinas Sosial Kota Bandung dan 3 Panti/LKSA di Kota Bandung akan melakukan sosialisasi SNPA bersama anak anak. 10 Fasilitator akan menfasilitasi 120 anak yang akan memenuhi Sekolah Alam Bandung Raya, Dago Bandung. Proses sosialisasi ini akan menjadi rangkaian penyadaran hak pengasuhan anak didalam keluarga. Yang selanjutnya akan diserahkan kepada anak anak untuk melakukan kampanye hak mereka.

Proses kampanye ini akan menjadi bagian menarik dari proses penyadaran hak anak atas pengasuhan. Dan dari penangkapan isu ini akan diterjemahkan anak anak dalam kampanye hak mendapatkan pengasuhan yang ramah di keluarga.

Adapun acara akan berlangsung hari Minggu tanggal 26 Februari 2016 Jam 08.00 s.d. 14.00 WIB di Sekolah Alam Bandung Raya dengan rundown menyusul.

Untuk itu mohon kesediaan kehadiran teman teman media guna ikut mensosialisasikan program ini kepada masyarakat luas. Guna peningkatan kualitas hak pengasuhan anak di keluarga.

Pilot Project program Uji coba pengasuhan berbasis keluarga 3 Panti ini dilaksanakan di Panti Asuhan Bayi Sehat, Panti Taman Harapan dan Panti Kuncup Harapan. Lebih kurang 50 keluarga disiapkan untuk mendapat pendampingan dalam program ini dengan mencegah dan mendukung pengasuhan dikeluarga sedangkan untuk anak yang telah kehilangan keluarga 3 LKSA menyiapkan keluarga penggantinya.

Hal ini juga menjadi bagian riset praktek foster care di Indonesia. Riset ini akan menjadi bagian proses RPP Pengasuhan dalam melihat profil keluarga pengganti yang telah di praktekkan ketiga LKSA tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *