Muhammadiyah Canangkan Pemberdayaan Panti Asuhan

JAKARTA – Majelis Pelayanan Sosial (MPS) serta LAZISMU PP Muhammadiyah meluncurkan program penguatan pemberdayaan anak dan keluarga di 400 panti asuhan lingkungan Muhammadiyah-Aisiyah.

Pasalnya, fakta bahwa Panti asuhan kerap identik dengan tempat penampungan anak-anak yang kurang beruntung. Sudut pandang itu justru menjadikan anak asuhan kurang produktif.

“Child Centre Indonesia (CCI) dibentuk dalam rangka mewujudkan cita-cita besar Muhammadiyah untuk merevitalisasi peran panti asuhan dan usaha memenuhi hak dasar anak,”Terang Ketua PP Muhammadiyah Bidang Sosial Syafiq Mughni di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Selasa (7/8/2012).

Menurutnya, rencana strategis pola pengasuhan sangat diutamakan dalam proyeksi CCI yang dibentuk pertengahan Februari lalu. Sehingga sifatnya bukan hanya penempatan anak-anak atau residensial.

Lebih lanjut, program ini juga memperhatikan aspek lainnya. Seperti pelayanan sosial, ekonomi, dan pendidikan anak serta santunan keluarga yang anaknya berada di panti asuhan.

“Program-program yang dilakukan mengarah pada penguatan keluarga anak panti agar mandiri secara ekonomi dan pengembangan peran panti asuhan agar anak memiliki hak penuh berada bersama keluarganya,”sambut Syafiq.

Ketua MPS PP Muhammadiyah Sularno menjelaskan, perluasan peran panti tadi sekaligus mengubah paradigma pengasuhan panti menuju pengasuhan berbasis keluarga. Bukan terfokus pada anak saja, ujarnya, tapi juga melakukan pendampingan keluarga rentan untuk meningkatkan kapasitas ekonomi dan parenting skill.

“Selain menyusun SOP panti, ada juga pelatihan relawan serta pemberian bantuan modal usaha, berikut media kampanye dan koordinasi jaringan anak,”jelas Sularno.

Sularno menambahkan, MPS dengan jaringan nasional serta internasional juga melakukan pengembangan model pengasuhan dan perluasan lembaga panti asuhan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *